Kamis, 24 Februari 2011

GUNUNG TERBESAR

Letusan Gunung Terbesar dalam Catatan Sejarah




Gunung Indonesia lebih senior ketimbang gunung Eyjafjallajokull. Dalam hal ini senior bukan hanya sebatas lebih lama atau tua dari ukuran usia.  Lumpuhnya lalu lintas penerbangan di kawasan Eropa khususnya beberapa hari yang lalu, adalah akibat meletusnya gunung Eyjafjallajokull di Islandia seperti yang kita ketahui bersama. Ternyata, hal tersebut masih jauh lebih mending dampaknya ketimbang apa yang terjadi pada tahun 1815 di Indonesia.

gunung tambora, sumber: google
Pada tahun tersebut, yang kebetulan jatuhnya juga bulan April, gunung tambora yang terletak di kepulauan Sumbawa meletus. Tercatat paling tidak 71,000 orang meninggal dunia akibat bencana alam ini dimana letusannya bahkan terdengar hingga ke pulau Sumatera.
Dampak letusan gunung tambora bagi bumi ini diantaranya: menurunnya temperatur di dunia 1.3 F atau 17.6 C (jika di konversikan), kesulitan pangan di Perancis, thypus endemik di Irlandia hingga salju yang turun di negeri Cina pada musim panas.

blood red sunset, foto: google
Kemudian yang kedua adalah gunung krakatau, meletus pada tahun 1883 dimana kekuatannya bisa setara dengan 13,000 bom atom dan menyebabkan matahari terbenam hingga langit berwarna merah di Norwegia atau dalam bahasa Inggris dikenal istilah (blood red sunset).

lukisan "the scream", foto: google
Beberapa orang berpendapat bahwa lukisan Edward Munch, seorang artis asal Norwegia yang berjudul “the scream”  mendapatkan inspirasinya dari letusan gunung tersebut sebagai bentuk gambaran dari kecemasan modern.
Demikianlah sekilas catatan  yang bisa aku share,  untuk video dalam bahasa inggris bisa lihat Yahoo news (di sini) atau bacaan di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar